Materi yang ada dalam kegiatan MOS/OSPEK
MOS DAN OSPEK
1. OSPEK
A.
Hakikat ospek
Ospek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada
mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi
tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan
Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan
universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.
Ospek juga merupakan sarana untuk mencari bakat-bakat dari
para calon mahasiswa yang masih tersembunyi. Selain itu, ospek juga merupakan
sarana untuk saling beradaptasi agar bisa mengatur hidup mereka sendiri.
B.
Adapun tujuan OSPEK adalah:
1)
Mengenal dan memahami lingkungan
kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku
di dalamnya.
2)
Menambah wawasan mahasiswa baru
dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
3)
Memberikan pemahaman awal tentang
wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada
nilai-nilai kemanusiaan.
4)
Mempersiapkan mahasiswa agar mampu
belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang
berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib
Mahasiswa.
5)
Menumbuhkan rasa persaudaraan
kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan
kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
6)
Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru
akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri
Dharma Perguruan Tinggi
7)
Untuk bisa saling beradaptasi antar
sesama mahasiswa.
2. MOS (MASA
ORIENTASI SISWA)
A.
Masa Orientasi
Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) atau yang sekarang namanya
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan suatu kegiatan yang umumnya
dilaksanakan ketika musim penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA).
MOS
atau MPLS biasanya merupakan kegiatan pengenalan sekolah dengan segala macam
fasilitas, kegiatan, dan suasana belajar mengajar dan juga bertujuan untuk
sarana pengembangan diri untuk anak baru, dan untuk panitianya juga.
Namun
laporan demi laporan yang dikeluarkan oleh orang tua murid terhadap beberapa
kegiatan MOS yang katanya penuh dengan unsur bullying dan tidak
mendidik pada beberapa tahun lalu dan sebelumnya di beberapa sekolah membuat
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan baru yang
menggantikan PERMENDIKBUD no.55 tahun 2014 tentang Masa Orientasi Siswa
Baru di Sekolah.
B. TUJUAN MOS (MASA
ORIENTASI SISWA)
1.
Memperkenalkan siswa pada lingkungan
sekolah yang baru mereka masuki
2.
Memperkenalkan siswa pada seluruh
komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di
dalamnya.
3.
Memperkenalkan siswa pada
keorganisasian
4.
Memperkenalkan siswa untuk dapat
menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
5.
Memperkenalkan siswa pada seluruh
kegiatan yang ada di sekolah
6.
Mengarahkan siswa dalam memilih
kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
7.
Menanamkan sikap mental, spiritual,
budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif
lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
8.
Menanamkan berbagai wawasan dasar
pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
3.
MATERI YANG ADA DALAM KEGIATAN MOS/OSPEK.
Terdapat banyak materi materi yang wajib diberikan ke
siswa baru dan ada juga yang pilihan. Berikut merupakan materi
atau kegiatan yang harus di perhatikan dan diterapkan dalam kegiatan MOS/OSPEK:
1.
Non internet
a.
IQ
b.
MI
c.
portofolio
2.
Internet
A.
Kegiatan Wajib:
1) Pengisian formulir siswa baru
oleh orang tua/wali.
1. Kegiatan pengenalan
siswa.
2. Kegiatan pengenalan warga
sekolah.
3. Kegiatan pengenalan visi
misi, program, kegiatan, cara belajar dan tata tertib sekolah.
4. Kegiatan penegenalan fasilitas sarana dan prasarana dengan
memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa.
5. Simulasi penyelesaian
suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa.
6. Kegiatan pengenalan etika
komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan bahasa indonesia
yang baik dan benar.
7. Pembiasaan salam, senyum,
sapa, sopan dan santun.
8. Pengenalan etika
pergaulan antar siswa dengan siswa, anatar siswa dengan guru dan antar tenaga
kependidikan, termasuk pada sikap simpati, empati, dan saling menghargai serta
sportif.
9. Kegiatan penanaman dan
penumbuhan akhlak dan karakter.
10.
Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah.
11.
Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah
yang sesuai dengan nilai-nilai positif.
B.
Kegiatan pilihan
1. Diskusi konseling dan
mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah.
2. Melibatkan siswa secara
aktif dalam setiap diskusi.
3. Pengenalan tata cara dan
etika makan, tata cara penggunaan toilet, dan tata cara berpakaian.
4. Mengajak siswa
berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas,
sarana dan prasarana yang terdapat disekolah serta kegunaannya.
5. Menginformasikan
fasilitas-fasilitas umum disekitar sekolah.
6. Menginformasikan
kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah serta fasilitas
umum.
7. Kegiatan simulasi
penanggulangan bencana.
8. Menginformasikan daerah
rawan daerah sekitar sekolah.
9. Kegiatan pengenalan
manfaat dan dampak dari penggunaan tekkhnologi informasi, termasuk sanksi yang
diatur dalam peraturan undang undang terkait.
10.
Pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning.
11.
Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk
berbagi pengalaman.
12.
Kegiatan pengenalan penjurusan.
13.
Kegiatan atraksi masing-masing kelas antara lain
perlombaan kesenian dan olahraga.
14.
Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga
sekolah antara lain dengan permainan game atau diskusi kelompok.
15.
Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
16.
Penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik) secara
efisien.
17.
Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika, psikotropika
dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya merokok.
4.
Tujuan dari adanya materi atau kegiatan MOS/OSPEK.
a. Mengenali potensi diri
siswa baru.
b. Membantu siswa baru
beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain dalam aspek
keamanan, fasilitas umum, dan sarana dan prasarana sekolah.
c. Menumbuhkan motivasi,
semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
d. Mengembangkan interaksi
positif antar siswa dengan warga sekolah lainnya.
e. Menumbuhkan perilaku
positif antara lain kejujuran, kemandirian, dan
sikap menghargai, menghormati keanekaragaman danpersatuan, kedisiplinan,
hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas,
etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.
REFERENSI
Sangat bermanfaat
BalasHapus